Wisata Syurga Tersembunyi Adalah Di Desa Gringging Sari | Destinasi Surga Ada Di Desa ini - Wapmild Cyber Media IT | Blogs Wisata Syurga Tersembunyi Adalah Di Desa Gringging Sari | Destinasi Surga Ada Di Desa ini - Hasil Pencarian Tersaring




Munculah
Loading...
  • Terlihat... Nampakan Bukti Seo
    Sedang Diarahkan Ketujuan...
    Cokies Dan Penampungan 3 Wap
  • Mild Grabs Search Cokies Wapmild
    |

    Apa yang sedang anda renungkan?

    Batal
    Wapmild
    Saya ingatkan anda Kawan:
    Contact
    US
    Follow
    Twitter
    Ikuti
    Fb

    Wisata Syurga Tersembunyi Adalah Di Desa Gringging Sari | Destinasi Surga Ada Di Desa ini

    WAPMILD (Admin)
    Pesan : Jika Kamu ingin copas sertakan link artikel ini iya Wisata Syurga Tersembunyi Adalah Di Desa Gringging Sari | Destinasi Surga Ada Di Desa ini
    Curug Kanoman
Gringgingsari, Pemda Tak Peduli.
(Foto:  genpi.co)
    Curug Kanoman Gringgingsari, Indah tapi Pemda Tak Peduli. (source: https://www.genpi.co/destinasi/4662/surga-tersembunyi-wisata-curug-kanoman-gringgingsari)

    Ring ring
    Di salah satu desa terpencil yang berada di Kabupaten Batang Jawa Tengah, yakni Desa Gringgingsari Kecamatan Wonotunggal, terdapat berbagai destinasi wisata yang sangat menakjubkan.

    Salah satunya adalah 'surga tersembunyi' yang dinamakan Curug Kanoman. Curug adalah istilah orang Jawa yang berarti air terjun. Adapun Genting adalah nama lokasi dimana air terjun tersebut berada.

    Curug Kanoman bukan air terjun biasa, pasalnya, air yang mengalir dari sungai tampak unik melalui bebatuan yang terhampar luas dan menyatu.

    Bebatun itu adalah jenis "Ploso" atau batu dinding yang tak berujung. Batu ini pun terlihat menyatu seperti beton.

    Air sungai ini sendiri mengalir dari pegunungan yang masih alami dan segar. Pada hari Sabtu atau Minggu, biasanya wisatawan lokal yang didominasi anak-anak sekolah akan datang ke lokasi ini.

    Suasana alam semakin kental dengan suara-suara binatang serangga dan burung-burung. Suara gemuruh air juga seperti ornamen musik yang menambah keindahan bagi telinga. Karakteristik air terjunnya merayap. Batuan penyusunnya juga unik, mirip dengan pahatan-pahatan tangan. Namun menurut warga sekitar, bebatuan tersebut murni terbentuk oleh alam.

    Air terjun ini juga memiliki dua tingkat.  Tingkat pertama, ketinggiannya kurang lebih 8 meter. Sementara tingkat kedua memiliki ketinggian sekitar 7 meter, letaknya berada dibawah aliran air terjun tingkat pertama.

    Dari Kota Batang, akses menuju tempat wisata ini tidak sulit. Pengunjung  cukup naik kendaraan umum baik angkot atu bus kota dengan trayek ke Pasar Bandar. Lalu turun  di Simpang Tugu dengan ongkos sekitar Rp5.000 sampai Rp10.000 an.

    Perjalanan dilanjutkan dengan naik ojek menuju lokasi Desa Gringging Sari sekitar Rp20 - Rp30 ribuan sekali jalan. Jika tidak mau ribet, bisa langsung naik ojek dari Kota Batang/Kota Pekalongan langsung menuju lokasi dengan biaya sekitar Rp50.000.

    Lokasi Curug Kanoman ini tidak jauh dari jantung desa. Pengunjung bisa menggunakan kendaraan roda dua atau berjalan kaki sekitar 15 menit. Selain Curug Kanoman, di desa tersebut juga terdapat wisata sejarah para wali (Sunan) .

    Di lokasi wisata religi ini, terdapat peninggalan wali Syekh Abdurrahman Kajoran. Seperti Masjid Al Karomah, dan Makam Sunan Kajoran sendiri. Jika beruntung, pengunjung juga bisa menyaksikan proses bersih-bersih pakaian dan tasbih serta tongkat Sunan Kajoran.

    Di Desa Gringgingsari ini juga terdapat lokasi yang disebut dengan Sendang Depok. Ini merupakan sumber mata air/ yang aliran airnya menggunakan pancuran dari bambu.

     

    Konon katanya, obyek itu adalah peninggalan Sunan Kajoran disaat menyebarkan agama Islam. Air yang keluar dari balik bebantuan dan pohon besar tersebut, diyakini adalah bekas tancapan tongkat dari sang wali.

    Dari hasil perbincangan dengan warga di desa tersebut, para pengunjung atau tamu disarankan untuk hati- hati jika ke lokasi Sendang Depok ini. Selain memang dikeramatkan, Sendang ini juga diyakini bisa "Mbendoni" atau "Kebendu". Dalam bahasa Indonesia, bisa mengakibatkan hal-hal yang tak terduga.

    Dari cerita warga juga, dulu pernah beberapa kali terjadi keanehan- keanehan. Salah satunya, ketika  ada tamu yang bmeminta petunjuk nomor togel dilokasi ini. Tiba-tiba air yang keluar berubah jadi kotoran kerbau.

    Ada juga perempuan yang sedang datang bulan dan nekad datang.  Air tersebut berubah menjadi merah seperti darah. Itu sebabnya, warga menyarankan jika ke lokasi ini haruslah berpakaian sopan dan benar-benar dalam kondisi bersih.

    Dan air dari belik/sumber mata air ini juga diyakini terdapat karomah. Bisa untuk ikhtiar/obat berbagai penyakit. "Dengan seizin Allah, mudah- mudahan penyakit yang kita derita bisa sembuh," ungkap salah satu warga.

    Belum Tersentuh Pemerintah

    Sayangnya, Desa yang penuh dengan keindahan alam dan memiliki situs sejarah kewaliyan tersebut, hingga kini belum tersentuh oleh pemerintah setempat.

    Keinginan warga untuk menjadikan beberapa lokasi sebagai objek wisata masih terkendala beberapa hal. Baik sarana maupun prasarananya.

    "Dulu sempat ada bantuan dari Bupati lama yakni Yoyok Sudibyo, itupun masih untuk pembangunan masjid dan Makam. Namun totalnya kita tidak tahu pasti," ujar warga.

    Warga pun berharap, agar Pemerintah Kabupaten Batang, melalui Dinas Pariwisata bisa mengupayakan bantuan materi untuk pembangunan sarana dan insfrastuktur menuju beberapa objek wisata yang ada di desa tersebut.

    "Kalaupun Pemda Batang belum ada anggaran, minimal bisa lah untuk mengajukan ke Dinas Pariwisata Provinsi Jawa Tengah," harapnya.


    Anda baru saja membaca Wisata Syurga Tersembunyi Adalah Di Desa Gringging Sari | Destinasi Surga Ada Di Desa ini
    Jika Ingin Main share lagi tolong sertakan site WAPMILD

    Dibuat pada 2019-01-02 13:11:12
    Targets desa , Destinasi , Gringgingsari , surga tersembunyi , Wisata

    0 Rate upStar
    Komentar Tidak Nyambung Otomatis Telah Di Kandang! Wisata Syurga Tersembunyi Adalah Di Desa Gringging Sari | Destinasi Surga Ada Di Desa ini

    View Details !

    • Wapmild Cyber Media
    • Jalan desa: Gringging Sari
    • Wonotunggal
    • Pos 51253
    • Tel: +62 089698098081
    • Fax: 089698098081
    • Email: saifmild@gmail.com